Tuesday, June 3, 2014

Contoh Pidato anak SD tentang Percaya Diri / rendah diri

Assalamu'alaikum wr wb

(muqodimah/pembukaan)

Teman-teman dan guru semua, saya akan berpidato yang bertema percaya diri.

Percaya diri sangat penting sehingga termasuk salah satu rahasia orang sukses. Apa jadinya jika teman-teman tidak memiliki kepercayaan diri? teman-teman akan selalu di kelilingi oleh rasa takut untuk mencoba. Sehingga tidak bertindak apa-apa. Padahal teman-teman ingin meraih apa yang diinginkan. . Untuk itu teman-teman harus segera memiliki sikap kepercayaan diri ini.

Kebalikan dari sikap percaya diri adalah rendah diri.Sikap rendah diri ini sangat berbahaya. Karena banyak peluang yang akan di lewatkan oleh teman-teman jika memiliki sikap rendah diri.



Ini dia sebab-sebabnya supaya kita bisa terhindar sikap rendah diri :

1. yang pertama adalah jangan memandang sebelah mata sama diri sendiri!. Kalau merasa malu dengan fisik kita, yakinkan di hati kalau semua itu adalah anugrah Tuhan yang pasti ada manfaatnya. Contoh : kalo punya jempol tangan yang pendek, agak gemuk dan   tidak enak diliat, pasti ada manfaatnya, buat smsan misalnya. Kan nyambung tali silaturrahim itu penting, betul nggak??

2. yang kedua jangan takut salah Takut salah , karena takut salah bisa membuat kita tidak maju. Kalo kita selalu ngerasa takut salah dalam melakukan sesuatu, ya tidak akan pernah bisa berhasil. Karena, kesalahan adalah langkah awal menuju keberhasilan. Tokoh-tokoh besar dunia yang penemuannya sekarang bermanfaat buat kita juga, dulunya selalu melakukan kesalahan, tapi mereka terus mencoba untuk memperbaiki kesalahannya. 

3.Yang ketika bergaul dengan orang yang percaya diri tapi tidak sombong. karena pergaulan kita mempengaruhi kepribadian kita, kata Rasullullah juga, “Dirimu adalah sebagaimana temanmu”

4. Kita sering terpengaruh dengan pendapat orang lain, tapi tidak semua pendapat itu benar. Pendapat atau masukan dari luar boleh saja kita tampung. Tugas kita adalah mengolahnya, sekaligus untuk evaluasi diri. Seandainya pendapat itu justru membuat kita menjadi mundur atau ragu-ragu, nah boleh ditolak.

demikian pidato saya tentang percaya diri. mudah-mudahan kita tidak rendah diri lagi yak. semangat

wasalamu'alaikum wr wb
 

1 comment: